Membuat Virtual Host berjalan pada Ubuntu ataupun Windows berjalan di Emulator Android

Hai, pertama-tama terima kasih sudah berkunjung ke blog Saya yang hanya berisikan hal-hal yang tidak terlalu penting ini, seperti biasanya Saya hanya menulis disini untuk mengikat ilmu yang pernah Saya dapat dan semoga teman-teman mendapatkan manfaat dari tulisan ini.

Pada kesempatan kali ini Saya ingin berbagi cara bagaimana agar Virtual Host di Komputer kita bisa berjalan juga di Emulator Android atau bahkan ke Android kalian(harus root). Untuk yang ingin tahu apa itu Virtual Host dan bagaimana membuatnya bisa klik langsung link berikut :

Menggunakan Virtual Host di Xampp Windows untuk mengubah localhost menjadi domain

Pertama-tama siapkan dahulu Emulator Android kalian dan pastikan kalian sudah membuat Virtual Host untuk di uji coba. Pada kesempatan ini Saya menggunakan Sistem Operasi Ubuntu 16.04 dan Emulator Genymotion Personal Edition, untuk sobat yang menggunakan Windows dan Emulator bawaaan SDK tidak jauh berbeda sih.

Perbedaannya hanya pada di Emulator, bila kalian menggunakan Genymotion kalian harus masuk ke folder Genymotion di PC kalian untuk menjalankan adb-nya.

Berikut contoh  website yang sudah Saya setting Virtual Hostnya.




Untuk mengakses website yang berada di local ini Saya bisa langsung ketikkan "http://solvin.project.air", tapi itu hanya di PC milik Saya dan untuk membukanya di dalam Emulator Android kalian harus menyalin (copy) file hosts milik kalian.

Untuk Windows sendiri file hosts berada di directory "C:/Windows/System32/Drivers/Etc/", sedangkan untuk Linux ada di directory "etc/".

Berhubung disini Saya memakai Genymotion dan adb dari Genymotion yang Saya pakai berbeda dari dengan adb milik Android Studio. Maka Saya harus masuk ke directory Genymotion Saya dan membuka terminal/command line dari directory tersebut.




Selanjutnya coba jalankan Emulator Android kalian dan coba akses Virtual Host milik kalian apakah bisa di akses atau tidak.




Masih belum di akses karena saya belum menyalin(copy) file hosts yang ada di Komputer milik Saya. Kembali ke terminal/command line lalu jalankan perintah berikut.

adb shell
mount -o remount,rw /system
echo "192.168.56.1 solvin.project.air" >> /etc/hosts


Nah di bagian ini kan ada IP address & Alamat Virtual host milik Saya tuh. Kamu ganti IP address tersebut dengan Default Gateway Emulator kalian atau IP Address Komputer kalian.



Bila Kalian berhasil membuka website yang Kalian Virtual Host kan di Emulator, berarti kalian sudah berhasil menambahkannya, bila ingin menambahkan Virtual Host yang lain bisa memakai cara yang di atas juga.

Sebelum Saya akhiri, Saya ingin memberitahu manfaat dari Tulisan ini untuk kalian para Programmer khususnya, Android Programmer, dengan membuat Virtual Host di Emulator kalian jadi bisa menghemat Resource tanpa harus mem-publish project kalian ke Cloud  dan mempermudah proses development di Mobile.

Sekali lagi terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Bila memiliki pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat garis lurus di xml pada Android Studio

Menampilkan semua Tanggal dan waktu pada setiap Post Blogger

Membuat Kalkulator sederhana di Android Studio