Blog Edinofri

Blog pribadi berisikan memory tentang pembelajaran Pemograman Android, Website, Blogger, Life hack, Curhatan dan beberapa artikel tidak jelas. Blog ini lebih fokus di pemograman Android terutama pengembangan aplikasi android menggunakan Android Studio.

12 May 2016
Komentar 0
Sublime text merupakan text editor yang menurut saya sangat populer dikalangan para Developer terutama untuk para Developer web. Hal ini disebabkan Sublime text memiliki keunggulan dengan tersedianya berbagai package yang membantu dalam saat menyelesaikan pekerjaan.

Namun bagi kalian yang sudah mengenal Sublime text pasti nya berkeinginan agar text editor itu bisa di buka melalui cmd (command line). Oleh sebab itu saya ingin berbagi tips, sekalian juga sebagai pengingat bagi saya sendiri, supaya Sublime bisa di panggil melalui Command line.

Pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui folder tempat kalian menginstall Sublime text kalian. Misal kan saja seperti milik saya ini yang menggunakan Sublime text 3 yang ber-alamatkan seperti dibawah ini.

C:\Program Files\Sublime Text 3
Selanjutnya kalian bisa menambahkan alamat tersebut di environment variables PATH seperti yang saya lakukan dibawah ini.

Setelah mengklik ok, kalian bisa mencoba membuka command line lalu memanggil Sublime text dengan perintah sublime_text.


Bila kalian sudah bisa memanggil Sublime text yang kalian miliki mungkin ada keinginan untuk mempersingkat pemanggilan Sublime text di Command line, yang awal nya adalah sublime_text menjadi (.misal) editorku.

Buka alamat tempat folder Sublime text yang kita miliki tadi, selanjutnya duplikasi file yang bernama Sublime_text.exe dan Rename menjadi editorku.exe.

Setelah itu anda bisa memanggil Sublime text tersebut lewat Command line dengan menuliskan perintah editorku.

Sekian untuk sesi bagi-bagi tips ini, di lain waktu saya akan menambahkan tips yang lain lagi.

No comments:

Post a Comment