Blog Edinofri

Blog pribadi berisikan memory tentang pembelajaran Pemograman Android, Website, Blogger, Life hack, Curhatan dan beberapa artikel tidak jelas. Blog ini lebih fokus di pemograman Android terutama pengembangan aplikasi android menggunakan Android Studio.

07 May 2016
Komentar 1
Sebenarnya ini hanya sebagai catatan kecil saya saja agar nantinya bila  saya membutuhkannya. Saya dapat melihat kembali catatan saya mengenai Menampilkan semua tanggal dan waktu pada setiap Post.

Pada Blogger biasanya template menggunakan Tag berikut untuk menampilkan Tanggal dan waktu pada Halaman utama pada setiap Post.

<data:post.dateHeader/>
Anda bisa mengecheck sendiri pada template yang anda miliki. Kenapa saya membuat catatan kecil untuk menampilkan Tanggal dan waktu ini?
Hal itu disebabkan Tag XML diatas memiliki 1 (satu) kekurangan menurut saya, yaitu :
Bila dalam sehari mengepost 2 (dua) artikel pada tanggal yang sama, salah satu artikel akan kehilangan tanggalnya dan hanya nampil pada artikel yang terakhir.
Hal ini sanggat mengerikan bila kita membuat template untuk Portal berita, karena setiap artikel berita tanggal dan waktu sanggatlah penting. Banyak pengembang template lebih memilih membaca RSS XML untuk menampilkan secara lebih detail sebuah post dan tanggal waktunya dibaca melalui Javascript yang mana menurut saya memberatkan optimasi kecepatan sebuah Blog.

Tag tersebut juga tidak  main-main, bila kita menggunakan template gratisan dari Blogger atau hasil dari Download mentah-mentah dari penyedia template gratis. Banyak yang masih bermasalah, misalkan saja begini.
Bila saya mengpostingkan artikel dalam sehari ada 2 atau lebih artikel, mereka akan menjadi satu bungkusan karena mereka memiliki tanggal yang sama.
Oleh karena itu ada seorang sahabat Blogger saya yang memiliki permasalahan yang diakibatkan oleh Tag <data:post.dateHeader/> tersebut.

Disini saya tidak menjelaskan bagaimana memisahkan 2 (dua) atau lebih postingan dalam satu tanggal yang sama dengan bungkusan yang berbeda. Disini saya lebih untuk menampilkan tanggal pada tiap post tanpa harus kehilangan tanggal pada artikel sebelumnya (bila dipost pada tanggal yang sama).

Disini saya membaca artikel dari sebuah web, disana dia menuntun saya untuk menggunakan Tag xml timestamp.

<data:post.timestamp/>

Bila kalian menggunakan Tag tersebut untuk menampilkan tanggal jangan lupa mengganti Format Date and Time pada pengaturan blog.



Terima kasih, sudah kejebak diartikel catatan kecil saya ini, sampai bertemu kembali.

1 comment:

  1. nice gan, dataheader cuman diganti timestamp doank juga udah work kok. Thanks...

    ReplyDelete