Blog Edinofri

Blog pribadi berisikan memory tentang pembelajaran Pemograman Android, Website, Blogger, Life hack, Curhatan dan beberapa artikel tidak jelas. Blog ini lebih fokus di pemograman Android terutama pengembangan aplikasi android menggunakan Android Studio.

27 April 2016
Komentar 0
Hai selamat terjebak kembali di blog pribadi saya, kali ini saya menulis sebagai pengingat untuk diri saya sendiri dan juga untuk kalian yang terjebak di blog ini. Pasti kalian pernah bukan berfikir begini.
Pengennya sih alamat localhost tempat aku ngerjain website A , bisa langsung jadi domain jadi gak ribet-ribet amat. ( kayak gambar dibawah ini).

Semua itu mungkin disebabkan pengalamatan  path ataupun folder saat mengembangkan website di localhost menjadi seperti ini.

Custom domain di Xampp

Saya pengennya sih gini.


Okeh jelas bukan? saya mengkustomasi lokalhostnya menjadi domain suka-suka saya ha ha ha.
Pengen tahu caranya? Scroll kebawah lagi yuk.


Pertama

Pastikan anda memiliki Xampp di Sistem operasi Windows kalian, bila belum punya silahkan instal dahulu.
( Download Xampp ).

Kedua

Pastikan anda sudah menginstal Xampp dan membuat sebuah folder didalam htdocs Xamppnya. Untuk alamat default biasanya "X:\xampp\htdocs\". X adalah Drive kalian misanya ditempat saya adalah "C:\xampp\htdocs\".

Ketiga

Buat lah sebuah "folder baru" untuk di jadikan folder public website kita nanti. Misalnya begini (seperti gambar dibawah) , Saya membuat sebuah folder bernama webku yang nantinya akan diberi nama domain www.webku.com.


Keempat

Pastikan kalian memiliki sebuah file index.php atau index.html didalam folder webku untuk dijadikan halaman index website , kalau bingung-bingung mau di isi apa didalam file index itu , isikan aja nama-nama orang yang pernah kamu pinjam uangnya, ya itung-itung biar kamu ingat kalau kamu punya utang dan pas sudah tak bernyawa setidaknya berkurang lah yang akan kamu pertanggung jawabkan (tapi bayar dulu utangnya yo ha ha !!!).

Kelima


Buka Run (Windows+R) masukkan
%windir%\system32\drivers\etc\
Selanjutnya copy file "hosts" ke "D:\ (untuk sementara) . Lalu bukalah file "hosts" tersebut dengan Notepad ataupun Text-Editor lainnya.



Tambahkan lah tulisan dibawah ini pada baris terakhir , kemudian Save.
127.0.0.1 www.webku.com

Setelah meng-save file , pindahkan file hosts tersebut ke tempat semulanya, dengan membuka Run dan masukkan alamat ini di Run.
%windir%\system32\drivers\etc\
Klik kanan , lalu pilih Paste.


Keenam


Buka Folder tempat penginstalan Xampp tadi 
X:\xampp\apache\conf\extra\
Lalu tambahkan teks berikut pada baris terakhir file httpd-vhosts.conf  jangan lupa disave setelah menambahkannya pada baris terakhir.

...
...
...
<VirtualHost *:80>
ServerAdmin email@saya.com
DocumentRoot "C:\xampp\htdocs\webku"
ServerName www.webku.com
ServerAlias www.webku.com
ErrorLog logs/www.webku.com.log
CustomLog logs/www.webku.com.log combined
<Directory "C:\xampp\htdocs\webku">
    Options Indexes FollowSymLinks Includes ExecCGI
    AllowOverride All
    Order allow,deny
    Allow from all
    Require all granted
</Directory>
</VirtualHost>

Silahkan Restart (Stop > Start) Apache pada Xampp anda dan mencoba membuka www.webku.com bila berhasil berarti Kita sudah berhasil membuat domain pada Virtual Host Xampp kita.

Terima kasih - Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tuliskan dikolom komentar.

No comments:

Post a Comment